X

Bila kata keikhlasan memiliki seribu definisi, maka hilanglah keikhlasan, karena semua orang mendefinisikannya berdasarkan kepentingannya

Rabu, 04 Maret 2009

EKSKUL LA TANSA



Ekskul
Picu Santri Berprestasi
Visi : Militansi, Talenta Dini dan Masa Depan
Misi : Dari Sini Santri Berdiri di atas Kaki Sendiri Menggapai Prestasi


E kstra kulikuler ( ekskul ) merupakan kegiatan santri di luar kelas yang memiliki tujuan pendidikan kemandirian agar santri mampu berkreasi, berinovasi, trampil, berprestasi, menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki atau dengan kata lain ekskul merupakan wadah penyalur hobi, minat dan bakat santri secara positif yang dapat mengasah kecerdasan santri, kreativitas, sportifitas dan meningkatkan mentalitas atau percaya diri. Akan lebih baik lagi bila santri mampu berprestasi di luar pondok sehingga dapat mengharumkan nama pondok.

Kegiatan ekskul sangat signifikan karena banyak santri yang pintar merupakan santri yang pandai membagi waktu dengan banyak beraktivitas di luar kelas. Ekskul juga sebagai salah satu dari penjabaran motto pondok, panca jiwa pondok dan sunnah-sunnah pondok, dengan sasarannya adalah santri. Pungsi dan peran ekskul dalam mewadahi santri dalam berkreasi, menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki guna menggapai prestasi sangatlah penting. Bimbingan dan arahan yang intensif dan berkesinambungan ( istiqomah ) hendaklah dimiliki oleh setiap pembimbing ekskul pada setiap cabang kegiatan dan diharapakan seluruh santri mengikuti kegiatan ekskul dengan memilih salah satu cabang kegiatan yang ada dan diminatinya.
Korelasi tingkat prestasi santri dengan mereka yang melakukan kegiatan ekskul merupakan santri yang pandai bagi waktu, karena tidak terpokus pada suatu kegiatan, seperti selain mengikuti kegiatan belajar mengajar mereka juga bisa membagi waktu dengan mengikuti bimbingan belajar, mengikuti pramuka, latihan berpidato, olahraga dan sebagainya. Justru santri yang banyak aktivitas ini membuat mereka menjadi cerdas, pintar, betah di pondok, rilex dan pandai membagi waktu. Secara akademis nilai ekskul tidak masuk kedalam nilai rapot akan tetapi manfaat ekskul jauh lebih bermanfaat.

Ragam ekskul La Tansa
A. Bidang Olah Raga
Sepak bola
Futsal
Takraw
Tenis Meja
Volly ball
Basket
Bulu Tangkis
Silat :Tapak Suci dan Panembahan Paku Banten

B.Bidang Seni.
Marching Band
Pop song
Kaligrafi
Letter
Kosidah
Marawis
Gambus
Teater
Lukis

C. Lain-lain
Pidato tiga bahasa
Jamiyatul Quro
Jamiyatul Hufazd
Pramuka
Studio
Soul mate
Lingkar Pena
Diskusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OKEY